Kamis, 4 September 2024
Desa Werdoyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Muria Kudus melaksanakan Program Kerja di bidang Ekonomi kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Werdoyo, salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak. Sutiyo selaku Kepala Desa Werdoyo mengatakan, “ada sejumlah UMKM yang berada di Desa Werdoyo, yakni usaha catering, warung makan, keripik pisang, sambal pecel, dan usaha lainnya”. Banyak pelaku UMKM yang masih menggunakan media pemasaran secara konvensional daripada media pemasaran digital. Beberapa alasan diantaranya adalah pelaku UMKM merasa kesulitan dalam digitalisasi untuk mengelola media pemasaran digital, kurangnya pemahaman tentang manfaat dan cara dari media pemasaran digital.
Berdasarkan latar belakang tersebut, Kelompok KKN Reguler Universitas Muria Kudus
Tahun 2024, membuat sebuah program kerja dengan tema “Peran Digitalisasi dalam Membangun Brand Awareness” kepada pelaku UMKM di Desa Werdoyo, Kecamatan
Kebonagung, Demak. “Program kerja digitalisasi ini berjalan dengan tujuan untuk
meningkatkan jangkauan pasar, branding, dan pendapatan dari pelaku UMKM secara
signifikan sehingga dapat menyongsong kemandirian ekonomi Desa Werdoyo, Kabupaten Demak”, kata Mujab Fahmi selaku koordinator desa.
Mahasiswa KKN Universitas Muria Kudus di Desa Werdoyo didampingi oleh Bapak Ahmad
Faqihuddin S.Pd.I., S.Psi., M.Psi. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
Pada program kerja di bidang Ekonomi ini diikuti sebanyak 12 mahasiswa lintas fakultas, yaitu Mujab Fahmi (Manajemen), Najawilda Husnafaza (Akuntansi), M. Nawwal Izzur Rifqi (Teknik Informatika), Fatimah Az Zahra (Sistem Informasi), Dimas Trio H. (Teknik Industri),
Aulyra Fitria Nabila (Manajemen), Ratna Wijayanti (Manajemen), Lilis Noviana
(Akuntansi), Rezky Pratamaylida (Pendidikan Bahasa Inggris), Nita Fitri Amaliyah
(Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Rahmatul Aisyah (Psikologi), dan Deshinta Dewi M.
(Ilmu Hukum).
Program Kerja ini berlangsung di Desa Werdoyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Menurut hasil survei lapangan, aktivitas digitalisasi ini dilakukan terhadap 4 sasaran pelaku UMKM di Desa Werdoyo, diantaranya warung makan, warung
bakaran, catering, dan keripik pisang. Program kerja digitalisasi dimulai pada akhir Agustus
2024 dan direncanakan selesai pada awal September 2024. Selama periode ini, mahasiswa
KKN menjalani berbagai tahap kegiatan, mulai dari perencanaan program kerja, berkunjung
ke rumah produksi untuk riset dan analisis, observasi dan wawancara dengan pelaku UMKM,
pendataan, dan dokumentasi.
Setelah proses pendataan, mahasiswa KKN mengajarkan langkah-langkah yang harus
dilakukan dalam proses digitalisasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam program
digitalisasi ini adalah: Pertama, membantu mengenalkan beberapa platform marketplace
seperti facebook, instagram, tiktok shop, dan shopee; Kedua, memberikan penjelasan terkait marketplace dan peluang penjualannya, serta menjabarkan sedikit cara pembuatan akunnya;
Ketiga, memberikan beberapa opsi kepada pelaku UMKM terhadap marketplace yang
sekiranya bisa dikelola atau dapat digunakan dalam jangka panjang; Keempat, mengajarkan
tentang cara membuat iklan produk di marketplace seperti cara memotret produk dan penggunaan kalimat yang menarik; Kelima, pendampingan pembuatan logo, stiker, dan
banner. Keenam, pembuatan titik lokasi UMKM pada google maps supaya dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang.
Dengan keberhasilan program ini, diharapkan dapat terus mengoptimalkan penggunaan e-commerce untuk memperkuat brand dan memperluas jangkauan pasar. Pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh selama program kerja berlangsung diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan, sehingga UMKM setempat tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga berkembang di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif.
Kelompok KKN Universitas Muria Kudus optimis bahwa inisiatif ini akan memberikan
dampak positif jangka panjang bagi pengembangan UMKM di Desa Werdoyo. Besar harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal menuju transformasi digital
UMKM di Desa Werdoyo, yang pada akhirnya akan mendukung peningkatan kesejahteraan
masyarakat desa secara keseluruhan.